Senin, 13 Desember 2010

Kenali Ikon Menu Excel 2010

Sebelum Anda mencoba Microsoft Mondo 2010, sebaiknya kenalilah menu dan ikon-ikon yang ada di aplikasi tersebut. Penguasaan menu atau paling tidak mengenal menu yang ada akan memudahkan setelah berada dilingkup pekerjaan yang sedang Anda tangani. Oleh karena itu buku ini saya susun sesuai urutan yang kiranya dapat memudahkan Anda pada saat bekerja dengan pengolah angka dan data berbasis Windows Vista atau Windows 2007 atau Windows Server 2008.
Mengenal Menu-menu
Seperti aplikasi berbasis Windows pada umumnya penguasaan menu dan ikon-ikon akan membantu ketika sudah berhubungan dengan jendela-jendela yang disediakannya. Sebagai contoh, saya sedang menulis artikel kemudian untuk menyimpannya saya tekan ikon Save.
Walaupun ketika saya menyimpan file melalui Menu Pulldown hasilnya sama saja, namun saya mencatat beberapa detik lebih lama dibandingkan dengan menggunakan ikon di Toolbar. Saya selalu menggunakan ikon di Toolbar untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tak peduli program apa yang saya pakai.
Menu-menu yang disediakan Microsoft Excel 2010 pada prinsipnya hampir sama seperti Microsoft Excel versi sebelumnya. Hanya dengan Microsoft Excel 2010 Anda akan melihat perbedaan di mana setiap Menu Pulldown juga tersedia ikon-ikon yang sama seperti di Toolbar. Bahkan banyak fitur baru seperti fasilitas pencarian, Task Pane Smart Tag dan lain-lain. Selain itu juga tersedia fasilitas perhitungan yang secara otomatis dapat membantu mempercepat pekerjaan Anda, seperti AutoSUM, Average, Min, Max dan sebagainya yang bisa digunakan secara otomatis hanya dengan menekan tombol yang ada di Toolbar.
Sebelum melanjutkan pelajaran mengenai menu-menu ini, sebelumnya saya akan coba menampil-kan daerah kerja lengkap dengan menu dan beberapa ikon di Toolbar yang mungkin dapat membantu Anda.

Control Menu
Control menu dalam Excel 2010 ada dua, yaitu di jendela Excel 2010 dan di jendela Document. Beberapa pilihan yang ada di Control Menu Microsoft Excel 2010 antara lain dapat digunakan untuk menutup Microsoft Excel 2010 atau mengakhiri Excel 2010 seperti Minimize, Maximize, Restore dan lain-lain. Sedangkan Control Menu Document dapat digunakan untuk menutup Document, Minimize, Maximize, Restore dan lain-lain.
Manfaat lain dari Control Menu ini adalah jika Anda sedang bekerja dengan beberapa aplikasi. Untuk pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain Anda dapat memanfaatkan Control Menu dengan memilih Minimize. Sehingga program lain yang sedang aktif masih tetap kelihatan.

3 komentar: